Dua lelaki

Lelaki pertama
Kemarin saya melihat postingan teman-teman di media sosial berhubungan dengan ayah,katanya 12 november telah ditetapkan sebagai hari ayah nasional.
Bicara tentang sosok ayah,suatu hari saya pernah bertanya pada ummi, menurut ummi ayah itu bagaimana?

Ayah kalian adalah orang yang sangat baik dan bertanggung jawab, kemudian ummi melanjutkan dengan suara bergetar. Walaupun ada kekurangannya,itu telah tertutupi oleh seluruh kebaikannya untuk kita nak, ia mengorbankan semuanya untuk kita, mencari nafkah yang halal, mendahulukan kepentingan kita dibanding kepentingannya. Bagaimanapun pandangan orang terhadap ayahmu,bagi ummi ia tetap lelaki hebat, ummi mempercayainya 100%.

Ah jawaban ummi membuatku tercekat. Ayah kami yang terbaik, memanggil kami dengan sebutan “anak gadih ayah dan anak bujang ayah”, petuah petuah darinya yang menjadi pegangan hidup kami, kasih sayang yang tak terungkap kata tapi langsung berbentuk laku. Bahkan sampai kini saya telah menikah, sikap ayah tak pernah berubah sedikitpun.
Saat aku terlambat menghubunginya, ayah akan berkata “kenapa nak? Baa lupo manelpon ayah? Masih ado piti? Perlu ayah kirim?”
Benar kata orang,seorang ayah adalah cinta pertama anak gadisnya, dan itu aku rasakan sampai sekarang.

Lelaki kedua
Seorang lelaki solih yang telah mengambil perwalianku dari ayah. Yang pada hari kedatangannya pertama kali ke rumah kami,ayah menangis terisak dikamar. Lelaki yang saat akad diikrarkan telah berjanji pada Allah dan pada ayahku akan mengambil alih tugas sebagai pendidikku. Kelak pada suatu hari saat anak-anak kami bertanya, bagaimana menurut bunda tentang ayah? Dan aku mungkin akan menjawab yang sama persis seperti ummi.

Dan malam ini ternyata aku sedang merindukan dua lelaki hebat itu, seorang ayah dan calon ayah.

image

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: