selamat ulang tahun si berat; aniv 1 th koas

kata suami saya, wanita itu selalu mengingat semua tanggal,ulang tahunnya,ulang tahun si anu,si anu,tanggal anu tanggal itu,dll

3juni 2013- 3 juni 2014

Tepat satu tahun yang lalu saya memasuki dunia kepaniteraan klinik atau yang lebih familiar dengan koas. Ketika masih jadi mahasiswa program S1 setiap kali  bertemu dengan senior koas, saya selalu tanya ; wah enak ya kak sudah koas? dan mereka selalu merespon dengan muka manyun “aduh dek,kamu coba aja sendiri,nikmati aja kuliahnya,puas puas lah jalan-jalan,nanti ga bakal bisa lagi”. tapi tetap saja bagi saya koas itu keren, ada pasien asli yang dihadapi,bukan lagi model-model praktikum,jas koas putih yang keren, pulang lebih cepat (biasanya kami pulang jam 4,koas selesai klinik jam 2) dan bebas makan dikantin kapan aja. tapi kekaguman saya kepada dunia koas berubah sejak negara api menyerang..hehe,maksudnya berubah saat saya menjalaninya sendiri.

singkat cerita akhirnya saya koas tanggal 3juni 2013,setelah libur panjang 3 bulan pasca skripsi kelar. mahasiswa koas ini akan dibagi menjadi kelompok besar 10-14 orang,dan setiap orang punya patner masing-masing. saya masuk koas dengan komposisi kelompok10 orang, 2 cowok  dan 8 cewek, teman-teman yang tidak begitu akrab dengan saya,ada yang beda angkatan, beda organisasi, dan bahkan ada yang tidak pernah ngobrol dengan saya di kelas dulu (ga gaul banget gw). saya sempat ragu, bisa berbaur ga ya dengan mereka, dan beberapa teman dekat saya mempertanyakan “nadya kok milih masuk kelompok itu sih”. tapi dari awal saya sudah bertekad untuk memilih teman koas yang agak berbeda dari biasa, untuk memperbanyak teman dan cari pengalaman. ternyata kelompok koas saya tak seperti yang dibayangkan diawal,alhamdulillah mereka yang membantu.saling menguatkan,dan memotivasi.

departemen pertama kami adalah bedah mulut,agak ekstrim memang, baru masuk langsung dihadapkan dengan suntik,darah,pisau bedah,tang dan peralatan mengerikan lainnya. tapi kami bersyukur, dari BM ini kemanapun kami pergi setelah ini bisa,karna sudah ada teknik dasar anastesi,dll
di BM banyak cerita ada tentang pasien saya yang kejang karna obat biusnya ga jalan(beliau ternyata alkoholik), ada pasien dari afganistan yang kalau bicara dengannya harus diterjemahkan, saya menginstruksikan kepada temannya dengan bahasa inggris dan temannya menerjamahkan lagi ke bahasa arab,ribet kan? dan banyak cerita seru lainnya..hehe. kata orang BM adalah surganya koas di fkg,dosennya baik,pasien tidak terlalu susah dicari tapi minimal requirment(kasus yang akan diselesaikan) sangat banyak 28pencabutan,3operasi,5 asisteran operasi dokter,4 asisteren mahasiswa,2 premedicine,1 presentasi paper harus diselesaikan dalam 10minggu. BM ini adalah bagian yang paling saya suka,disini juga kelompok kami dinamai GEROMBOLAN si BERAT oleh seorang dosen, tau kan si berat? penjahat di cerita donald bebek itu loh. saat didepartemen ini juga saya bertemu dengan kekasih hati dan menggemparkan fkg dengan pernikahan yang sangat cepat..haha

departemen selanjutnya adalah OM(oral medicine atau penyakit mulut) disini kami cuma 4 minggu dengan 5 kasus,tapi kasusnya susah dicari T_T, untuk mencari pasien kami datang ke pengajian2 ibu ibu. saya pribadi pernah mengantarkan obat untuk pasien yang rumahnya 1 jam dari kampus 1,5 jam kalau macet. pas pulangnya hujan deras, pakaian saya basah semua,dan tidak ada angkot lagi. akhirnya saya naik becak dan membayar 45rb, sampai dirumah jam setengah 10 malam.

departemen selanjutnya adalah periodonsia,tempat skeling dan pembersihan karang gigi dan menurut saya ini departemen paling jorok kerjaannya selama saya koas, bermain dengan karang gigi,bau mulut dan air ludah yang ketika menciumnya saya ingin muntah..haha tapi itu hanya terjadi diawal saja. setelah beberapa minggu kami tetap makan dengan lahap setelah mengerjakan pasien denga karang gigi setumpuk,tidak ada lagi jijik,mual dan tak enak makan,ketika perut lapar dan makanan terhidang bayangan tentang karang gigi yang tebal pun sirna.

dept selanjutnya adalah dph(dental public health) disini kami melakukan penelitian ke supir angkot, masuk terminal,duduk di warung atau orang medan bilang kede (tuak) tempat nongkrong mereka. selesai penelitian,kami ada tugas untuk ke puskesmas, fyi puskesmas yang kami ditugaskan sekitar 30 menit dari kampus dan dekat dengan pasar tradisional, setiap hari pulang dari sana,baju sudah berubah bau dengan bau ikan..huaaa

dept selanjutnya adalah konservasi atau penambalan,terkenal dengan mahalnya biaya dan dosen yang agak gimana, minreq nya cuma 10penambalan.1 perawatan saluran akar dan 1 tambalan indirek. dan ini hitungan duitnya adalah jutaan,sekian juta..haha yang menjadi pasien saya disini adalah suami sendiri,inilah kejamnya para koas, siapaun dijadikan tumbal…muehehehe, kata suami saya “kalau bukan karna bantuin kamu,aa ga mau lagi” saya kasian but show must go on. akhirnya perawatan suami saya berlangsung lancar,sakit diawal saja,sekarang giginya enak dibawa makan katanya.

nah disinilah saya sekarang,departemen prostodonsia alias gigi palsu, bersenang senang dengan nenek nenek,bau khas nya, cerewetnya,dll

o ya saya lupa mengenalkan personil si berat,bg budi-rasyid, mimi-sarah, mira-pijo, nana-nadya, ade-kak cesa,selamat ulang tahun koas si berat,saya tidak berharap aniv ke 2, semoga tidak ada ulang tahun ke dua dan koas cepat berakhir…aamiin

image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: