Dokter tak menunggu pasien

By : qudwah

2 hari ini saya dan istri menonton film yang berjudul the team dragon, film ini bercerita tentang seorang dokter bedah di jepang yang sangat ekspert dan ahli dalam menangani kasus kasus operasi jantung. Namanya Asada, dia diminta oleh dokter di Meishin University, dr. Kato, untuk membantunya dalam membuat thesis tentang operasi batista agar dia dapat menjadi Prof di univ tersebut. Sebuah operasi yang memotong dilatasi (pembesaran) otot jantung. Sebagai seorang yang tak banyak tahu tentang dunia kesehatan, film ini agak membingungkan karena banyak istilah kedokteran, tapi untungnya istri saya banyak memahamkan buat saya.

Ada sebuah hal menarik, yaitu ketika ada 2 pilihan pasien untuk dioperasi, yang 1 berumur 50an tahun, sangat perlu untuk dioperasi, yang kedua umur 16 tahun, prioritas kedua untuk dioperasi setelah pasien pertama, namun kondisi dia lebih kompleks yang membuatnya bisa menambah nilai thesis dr. Kato. Setelah lama memilih akhirnya dr. Kato memutuskan untuk melakukan operasi anak umur 16 tahun terlebih dahulu karena lebih bermanfaat untuk tesisnya.

Asada bertanya kepada Kato ; kenapa kau tak dahulukan pasien tua yang lebih membutuhkan ? Kato menjawab : Tidak, inilah pasien yang aku tunggu selama ini.

Jawab asada : tidak, dokter tidak menunggu pasien. Pasienlah yang menunggu dokter !!!

—-

Untuk para da’i dan pendidik : kalian tidak menunggu ummat. Ummatlah yang menunggu kalian #bilangkedirisendiri

Iklan

One thought on “Dokter tak menunggu pasien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: