Sabar Asbab Kemenangan

bismillahirrahmanirrahiim

”wahai nabi! Kobarkanlah semangat para mukmin untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar diantara kamu, niscaya mereka mampu mengalahkan dua ratus musuh. Dan jika ada seratus orang yang sabar diantara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan seribu orang kafir, karna orang-orang kafir itu adalah kaum yang tidak mengerti.

Sekarang Allah telah meringankan kamu karna Dia mengetahui ada kelemahan padamu. Maka jika diantaramu ada seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh, dan jika diantara kamu ada seribu orang yang sabar niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Allah berserta orang-orang yang sabar” QS.al-anfal 65-66

Dua ayat diatas jawaban al-qur’an atas hal yang saya fikirkan beberapa hari ini. Saya *yang awam ini menarik simpulan bahwa salah satu asbab atau sebab sebuah kemenangan perang dan kegemilangan dakwah adalah kesabaran. Bahkan sejak zaman nabi, Allah telah menjelaskan bahwa setiap perjuangan butuh kesabaran. Pada diri setiap pejuang harus ada sifat sabar yang dengannya mereka mampu melawan musuh Allah.

Pada awalnya Allah mengatakan dua puluh orang mengalahkan 200 musuh, 100 orang sabar mengalahkan 1000 musuh, tapi karna keterbatasan manusia, dibutuhkanlah barisan orang-orang sabar yang lebih banyak. 100 orang yang sabar untuk 200 musuh, 1000 orang sabar untuk 2000 musuh. Pada akhir ayat, Allah membersamai orang yang sabar. Tentunya kita ingin setiap perjuangan kita, dikampus, disekolah, dimanapun ladang dakwah dibersamai Allah, nah sabar adalah salah satu syarat Allah membersamai perjuangan ini.

karna kesabaran salah satunya Allah karuniakan kemenangan pada ikhwan di mesir, karna sabar Allah juga akan nanti memberikan kemenangan pada saudara2 di filastin, dan karna sabar juga nantinya Allah akan memberikan kita kemenangan di USU tercinta. Para pejuang uhud karna tak sabar, turun dari bukit. Apa jadinya? 70 orang syahid disaat perang, karna salah satu asbab kemenangan tidak ditunaikan.

Mari kita memperbanyak barisan orang-orang yang sabar. Agar perjuangan dakwah ini dibersamai oleh Allah. Mari perbanyak orang yang sabar untuk menunaikan salah satu asbab kemenangan dan kegemilangan dakwah. Karna kita tau jalan ini panjang, tak perlu berlari cepat diawal karna akan membuatmu kehabisan tenaga ditengah jalan. Cukup ukur langkahmu, dan melangkah mantap seiring seirama.

 

Wallahu’alam  

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: