Menanti Buah Hati

Teman: aku pengen hamil nad
Saya : kan baru sebulan menikah,sabar aja
Teman : tapi risih ditanyain terus nad, setiap orang yang ketemu pasti nanyain
Saya : kehamilan itu rezeki,hak Allah, Allah yang tau waktu yang tepat, anggap aja yang nanya itu perhatian

Ini adalah perbincangan saya dan seorang teman via wa yang baru saja menikah
Di lain waktu saya pernah di telfon oleh teman yang lain,juga sama sama pengantin baru

Teman 2: sekarang aku paham perasaan nadya dulu
Saya : hah? Maksud nya?
Teman 2 : ternyata di tanya tanyain itu ga enak ya nad
Saya : minta doain aja sama yang nanya itu,hehe, jangan diambil hati,toh baru menikah juga kan

—————

Beberapa waktu yang lalu saya kontrol kandungan ke sp.og, di sebelah saya duduk ibu ibu dengan perut besar kira-kira kehamilan 8/9 bulan dan usianya saya taksir sekitar 35th-an. Sedikit basa basi saya menyapa si ibu, nomer urut berapa bu? Nomer 4 mba,setelah mba. Kemudian ia bertanya ” anak pertama ya mba?” Iya,InsyaAllah bu jawab saya. Kemudian si ibu kembali menimpali “saya juga anak pertama,setelah 14 tahun nikah mba” , masyaAllah dada saya bergemuruh, terasa keharuan si ibu. ” saya sudah berobat kemana mana, mulai dari obat dokter sampai dengan tradisional. Saya udah kebal dengan pertanyaan pertanyaan orang mba. Tapi akhirnya Allah berikan kami kepercayaan setelah saya pasrah kepada ALLAH, ini rezeki yang ga disangka sangka mba”. Saya lihat si ibu mengusap air disudut matanya “saya seakan ga percaya waktu dokter bilang saya sudah hamil mba,saya nangis diruang dokternya” lanjutnya, ” Allah maha baik ya bu, saya juga hamil setelah 2 tahun menikah,semoga sehat ya bu sampai lahiran”.

—————–
Ketika baru saja menikah,saya juga sempat terganggu dan bersedih hati ketika orang lain bertanya tanya,apakah sudah hamil atau belum. Untungnya saya dan suami LDR,jadi bisa menjadikan itu sebuah alasan. Saya sering curhat ke suami ketika ada yang nawarin saya berobat dsb. Tapi suami selalu menanggapi nya dengan kalem, “itu tandanya orang perhatian sama kita, sudahlah ga usah  terlalu difikirkan, kita bukan hidup dengan perkataan orang lain kok.”

Ya saya akui walaupun setiap kali orang bertanya saya selalu mengingatkan diri untuk bersyukur, tapi manusiawi juga kadang terselip perasaan sedih, khawatir, apakah aku bisa punya anak dsb. Astaghfirullah… Allah akan memberikan rezeki diwaktu yang tepat, itu yang selalu saya tanamkan didalam hati. Jadi saya santai dan tersenyum menghadapi pertanyaan pertanyaan itu.

Setelah menyelesaikan koas dan berkumpul kembali dengan suami,alhamdulillah Allah langsung menitipkan amanah di rahim saya,tapi qodarullah saat usia kehamilan 11w harus di kuret.  Dalam keadaan sedih itu saya terhibur membaca tulisan seorang dokter.

Jika anda belum pernah hamil,anda harus bersyukur bahwa anda sudah memiliki suami, vanyak diluar sana gadis-gadis yang masih menanti jodohnya. Ketika anda keguguran, anda harus bersyukur ternyata anda tidak mandul. Ketika keguguran saat usia kandungan masih muda,anda harus bersyukur,bayangkan bagaimana perasaan ibu yang ketika lahir anak nya meninggal

Dan Allah memang maha tau kapan kita siap menerima amanahnya, berselang 1 bulan setelah di kuret Allah menitipkan lagi amanahnya didalam rahim saya. Ada perasaan haru, khawatir, was was. Apalagi di awal kehamilan, selalu terbayang ” bagaimana kalau kuret lagi?” Allah meredakan kekhawatiran saya melalui Ummi,ummi mertua dan suami ” ini adalah titipan,Allah yang berhak mengambil dan memberikannya,tugas kita hanya menjaga. Jadi serahkan semua pada Allah”

Buat saudari saudari saya yang menantikan buah hati,yakinlah ALLAH punya rencana terbaik untuk kita. Berdoalah penuh harap. Karena hakikatnya anak itu adalah hak nya Allah, kita hanya dititipi. Nabi zakariya juga diberi keturunan ketika usianya sudah sepuh. Intinya harus tetap bersyukur bersabar dan mengedepankan prasangka baik pada ALLAH

Berau, 11 april 2016
Seorang calon ibu yang sedang menunggu kehadiran buah hatinya

image

Hujan

“Pemberian Allah itu akan sangat kita hargai dan dirasakan nikmatnya setelah menunggu dalam waktu yang lama dengan sabar,iklas,selalu meminta dan tidak putus harapan pada Allah” ini kalimat yang pernah diucapkan suami ketika saya bertanya tentang nikmat Allah.

Seperti hujan yang selalu kita tunggu turunnya, seraya berdoa memohon ampun, berharap Allah menghilangkan asap yang membuat sesak pernafasan. Saat tetes demi tetes air hujan jatuh ke bumi,saat itu terasa bagaimana Allah begitu menyayangi ummatnya. Allahuakbar! Dari ribuan doa yang terpanjatkan, entah doa siapa yang terjawab, tapi yang pasti permohonan ampun pada Allah dan doa lirih yang melangit telah mengundang rahmat Allah turun ke bumi. Alhamdulillah kami rasakan keberkahan atas setiap tetes hujan yang turun

Berau, 28 okt 2015 

Catatan pernikahan #2tahun

14/08/2015
10:33
wita

Di bawah naungan binar mentari pagi
Di erat dekapan kalam ilahi
Di hangat jabatan hutan kalimantan
Aku merindu
Aku merindu

Di jarak yang enggan mendekat
Di peta yang enggan terlipat
Di masa yang enggan melompat
Aku menunggu
Aku menunggu

Ada dermaga tanpa kapal bersandar
Ada garbarata tanpa pesawat berhanggar
Ada menunggu tanpa habis bersabar

Di siang ini
Di rumah ini
Sejak kemarin
Belum kunjung juga kau datang

— 14082015, semoga ujiannya sukses dan  mendapat nilai terbaik —

Tadi pagi sekitar jam setengah 10,seseorang mengirimkan saya puisi,dan puisinya sukses membuat mata mengembun diruang kelas pagi ini. Siapa lagi kalau bukan Uda qudwah,suami tercinta.

Walaupun aa sering bilang kalau lelaki adalah pengingat tanggal yang buruk,tapi saya tau, aa selalu mengingat hari-hari berkesan baginya. Dan hari ini adalah ulang tahun ke 2 pernikahan kami. Dari beberapa hari lalu setiap menelfon aa selalu menghitung,”3 hr lagi sayang,2 hari lagi sayang, besok hari apa coba?”

Untuk suami tersayang “terimakasih sudah mengijinkanku mencintaimu,menjadi teman hidupmu. Terimakasih telah mengijikan aku belajar banyak hal darimu. Terimakasih sudah bersusah susah untukku. Terimakasih susah memahamiku.
Terimakasih sudah melewati 2 tahun ini bersama”

Kemarin saya ngobrol dengan Aa “ga terasa hampir 2 tahun ya nikahnya,hampir 2 tahun juga LDR nya” dan Aa menjawab dengan ringan “semoga yang kita jalani berkah ya sayang.” Ah hati saya hangat, BERKAH.memang keberkahan yang kami harapkan sejak awal menikah.

Ketika memulai LDR pertama kali setelah 20 hari menikah,aa harus ke mesir dan saya tetap tinggal dimedan. Saat itu suasa mesir sedang panas pasca jatuhnya presiden mursi. Waktu itu saya menangis sesegukan di bandara, dan aa menceritakan tentang kisah siti hajar dan ismail yang ditinggalkan nabi ibrahim di tanah tak bertuan. Kemudian aa menutup kisahnya dengan mengatakan ” kita ga se sulit kisah ibrahim dan hajar sayang, tapi Aa ga bisa jaga nadya setiap waktu, Aa titipkan nadya pada Allah,Allah yang menjaga semuanya”
Ternyata benar,LDR memang berat,tapi bukan tak bisa dijalani. Ketika Raga kami tak saling berjumpa, ada doa-doa lirih yang melangit “ya ALLAH,jaga kekasihku disana,jaga dengan sebaik penjagaanMU”

Dad’s story

Ada sebuah video ttg ayah,yang menyembungikan kesusahan dari anaknya. Berusaha membahagiakan anaknya,berusaha tersenyum didepan anaknya. Tapi dibelakang itu,apa yang dihadapi si ayah sangat berat.

Jujur saja,melihat video ini saya menangis terisak,bahkan ketika menonton berkali-kali reaksinya tetap sama. Mungkin saya lebay,tapi pengorbanan seorang ayah memang luar biasa
——–
Ada kisah lain,tentang Sebuah keluarga kecil sederhana dengan dua anak yang masih kecil. Ayah bekerja sebagai guru bimbel dan ibu sebagai guru SMP. Anak pertama sudah sekolah di bangku taman kanak-kanak. Setiap hari,ayah menempuh perjalanan 45menit-1 jam dr rumah mereka untuk menunaikan tugas, begitu juga anak pertama yg selalu ikut bersamanya karena bersekolah di yayasan yg sama.
Suatu hari,sepulang sekolah mereka menumpangi bus pulang ke rumah. disebelah mereka duduk seorang ibu dengan anaknya yang sedang memegang apel ditangan. Gadis kecil ayah diam dan memperhatikan, mungkin dalam hatinya ia ingin. Ayah pun melihat gadis kecil nya dengan hati berembun,tapi tak ada uang dikantong untuk membeli sebutir apel saat itu. Setiba dirumah, ayah menemui ibu dan bertanya “masih adakah uang? Saya tidak tega melihat gadis kecilku cuma bisa memandangi orang lain makan apel,sedangkan ia sangat menginginkan itu”
Si ibu mengangguk dan memberikan beberapa rupiah pada ayah untuk membeli apel. Bersegeralah ayah membeli sebutir apel ke pasar dengan jarak 15 menit,dengan kondisi beliau yang capek sepulang bekerja. Tapi bagi seorang ayah kebahagian gadis kecilnya mengalahkan semuanya.
———-
Lantas bagaimana dengan gadis kecil itu,ia tak tau cerita ini. Yang ia tau,ayahnya sangat baik saat itu, membelikan sebutir apel,dan itu membuatnya senang.
19 tahun kemudian barulah si gadis mendengarkan kisah ini dari ibunya. Bahwa ia memiliki seorang ayah yang baik,seorang ayah yg hebat,seorang ayah yang penyayang,rela mengorbankan apa saja.
———–
Lantas apa yang membuatmuĀ  tak berbakti pada mereka wahai gadis kecil?

Tongue tie

Hari ini adalah hari terakhir saya berada di klinik bedah mulut. Alhamdulillah semuga minimal requirment koas bedah sudah di selesaikan, insyaAllah tinggal ujian dan post test. Tapi sebenarnya bukan ini yang ingin saya ceritakan..hehe, anggap saja sebagai pengantar

Kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang tongue tie,salah satu kelainan perlekatan frenulum lidah.

image

Kira kira beginilah gambarannya

Jika lidah normal bisa di gerakkan dengan bebas ke kiri,kanan, atas dan bawah, pada penderita tongue tie pergerakan lidahnya terbatas karena melekat di dasar mulut. Kalau di kedokteran gigi juga sering di sebut ankyloglosia. Kelainan ini sudah ada sejak bayi dilahirkan, bisa disebabkan oleh faktor genetik. Memang ini hukanlah kelainan yang berbahaya, tetapi bisa berakibat pada ibu dan bayi. Bayi dengan tongue tie biasanya susah menyusu pada ibu,bisa dibayangkan susahnya kalau lidah kita menempel maka kemampuan menghisap pun akan lebih rendah. Kelainan ini termasuk yang jarang terjadi dengan prevalensi 4% saja. Terapi yang diberikan pada pasien ini bisa dengan bedah dan non bedah. Secara bedah bisa dilakukan frenotomi sedangkan non bedah bisa dilakukan observasi dan perbaikan proses menyusu,seperti posisi saat menyusu.

Tapi tadi pagi saya dapat melihat kasus yang jarang ini. Bayi berumur 4 hari datang dengan keluhan susah menyusu pada ibunya. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter anak,bayi tersebut didiagnosa terkena ankyloglosia. Karena hal ini mengganggu bayi untuk mendapatkan nutrisi maka dilakukanlah tetapi berupa pembedahan minor yaitu pemotongan pada frenulum yang melekat atau frenotomi. Pembedahan pada bayi ini dilakukan tanpa anastesi, dengan memotong/ menggunting perlekatan frenulum yang mengganggu.

Rasa ga tega ngeliat debay nya gi gunting gunting gitu,tapi alhamdulillah frenotomi bs dilakukan dalam hitungan detik saja,tanpa anastesi dan penjahitan.

image

Ini debay nya,ngambil foto diam-diam…hehe

Setalah dilakukan pemotongan frenulum, debay nya sudah bisa menyusu dengan baik. Alhamdulillah.
Semoga info yang saya berikan ini bermanfaat. jika ada orang di sekeliling kita menderita tongue tie, anda bisa menyarakannya untuk ke dokter gigi spesialis bedah mulut.

Dua lelaki

Lelaki pertama
Kemarin saya melihat postingan teman-teman di media sosial berhubungan dengan ayah,katanya 12 november telah ditetapkan sebagai hari ayah nasional.
Bicara tentang sosok ayah,suatu hari saya pernah bertanya pada ummi, menurut ummi ayah itu bagaimana?

Ayah kalian adalah orang yang sangat baik dan bertanggung jawab, kemudian ummi melanjutkan dengan suara bergetar. Walaupun ada kekurangannya,itu telah tertutupi oleh seluruh kebaikannya untuk kita nak, ia mengorbankan semuanya untuk kita, mencari nafkah yang halal, mendahulukan kepentingan kita dibanding kepentingannya. Bagaimanapun pandangan orang terhadap ayahmu,bagi ummi ia tetap lelaki hebat, ummi mempercayainya 100%.

Ah jawaban ummi membuatku tercekat. Ayah kami yang terbaik, memanggil kami dengan sebutan “anak gadih ayah dan anak bujang ayah”, petuah petuah darinya yang menjadi pegangan hidup kami, kasih sayang yang tak terungkap kata tapi langsung berbentuk laku. Bahkan sampai kini saya telah menikah, sikap ayah tak pernah berubah sedikitpun.
Saat aku terlambat menghubunginya, ayah akan berkata “kenapa nak? Baa lupo manelpon ayah? Masih ado piti? Perlu ayah kirim?”
Benar kata orang,seorang ayah adalah cinta pertama anak gadisnya, dan itu aku rasakan sampai sekarang.

Lelaki kedua
Seorang lelaki solih yang telah mengambil perwalianku dari ayah. Yang pada hari kedatangannya pertama kali ke rumah kami,ayah menangis terisak dikamar. Lelaki yang saat akad diikrarkan telah berjanji pada Allah dan pada ayahku akan mengambil alih tugas sebagai pendidikku. Kelak pada suatu hari saat anak-anak kami bertanya, bagaimana menurut bunda tentang ayah? Dan aku mungkin akan menjawab yang sama persis seperti ummi.

Dan malam ini ternyata aku sedang merindukan dua lelaki hebat itu, seorang ayah dan calon ayah.

image

image

Pulau derawan,sepetak tanah surga

Tulisan ini adalah oleh-oleh perjalanan saya ke kalimantan bulan lalu. Layaknya pasangan LDR, saya dan suami mengisi pertemuan kami dengan quality time berdua,salah satunya jalan-jalan. Salah satu destinasi wisata kami adalah pulau derawan.

Ternyata suami sudah menyiapkan rencana mengajak saya ke pulau ini. Baru saja mendarat di bandara kalimarau,berau saya langsung melihat poster pariwisata kepulauan derawan, dan suami saya bilang “insyaAllah weekend kita kesana ya sayang”. Ternyata dia paham maksud dan keinginan istrinya..heheh *yaiyalah dari pada nanti saya tagih-tagih terus

Alhamdulillah,kebetulan weekend itu suami saya tidak ada jadwal mengajar di ma’had, maka kami merencanakan berangkat jam 7 pagi hari sabtu dari rumah, Tapi karena harus cari bensin mobil akhirnya baru bisa berangkat jam setengah 10 pagi. disini untuk beli bensin harus antri panjang sodara-sodara. menuju pulau derawan ada dua rute. Bisa langsung naik speed boat dari kota tanjung redeb, atau jalur darat ke pelabuhan tanjung batu kemudian dilanjutkan dengan speedboat ke pulau derawan. Pada perjalanan kali ini kami memilih alternatif ke 2, yaitu ke pelabuhan tanjung batu. Pelabuhan tanjung batu ditempuh sekitar 2,5 jam dari kota tanjung redeb. Alternatif angkutan kesana bisa dengan sewa mobil atau naik travel. Untuk travel harganya 70rb per orang. Tapi kalau pergi beberapa orang,ada baiknya untuk menyewa mobil agar lebih hemat. Disini sewa mobil avanza biasanya Rp.400rb.

image

Ini pelabuhan tanjung batu
Mobil bisa di parkir inap di pelabuhan tanjung batu. Dari pelabuhan tj. Batu,kita menggunakan sepit (kata orang kalimantan) menuju pulau derawan. Harga satu sepit yang bermuatan 5 orang adalah 500rb PP tj.batu-derawan. Saya akui transportasi disini memang agak mahal ^^, tapi akan terbayar dengan keindahan alam yang akan kita temui di pulau derawan nanti.

image

Here we go…anginnya kenceng banget. Si aa karna udah biasa anteng aja ga pakai pelampung. Kalau saya mah masih takut, safety first.

Dari pelabuhan ke pulau derawan kita tempuh dalam waktu 30 menit lebih kurang. Selama perjalanan saya teriak kegirangan, air laut biru,beberapa meter kemudian jadi hijau,biru gelap,biru agak terang…..aaaaaaa indahnya luar biasa,subhanallah,maha suci ALLAH, di beberapa tempat,dasar lautnya keliatan,terumbu karangnya terlihat dari atas karena airnya yang jernih.

image

Liat gradasi warnanya,indah bukan?

image

Alhamdulillah kita sampai di penginapan. Saya request ke aa,kita cari penginapan diatas laut, dibawah kamar langsung laut. Nah lihat kan airnya jernih banget, saya aja pengen nyebur..hehe

Harga kamar disini bervariasi, dari 150an-750rb. Disini rumah rumah penduduk banyak yang dijadikan penginapan murah, 150rb-200rb permalam, dengan fasilitas kamar tidur dan ac. Kamar-kamar murah dan ekonomis itu biasanya ada di dalam rumah penduduk. Nah kalau saya dan suami pilih penginapan dengan view laut, kisaran harga 300-500rb, kalau kamar vip 750rb.

image

Nah seperti itu kira2 kamar kamar dengan view laut lepas. Derawan ini adalah pulau kecil, 30 menit berjalan kaki,kita sudah bisa mengelilingi pulau ini. Uniknya derawan,meskipun di tengah laut, tapi ketika sudah berada di pulau derawan, airnya sudah tidak asin. Dengan menggali beberapa meter ke dalam tanah,kita sudah bisa dapatkan sumber air tawar. Makanya penduduk pulau derawan ini cukup padat. Tidak berlebihan saya sebut derawan adalah sepetak tanah surga, karena pulau ini sangat indah. Derawan terkenal dengan wisata alam bawah laut, terumbu karang yang cantik dan kekayaan laut lainnya seperti ikan beraneka warna. Derawan juga merupakan warisan dunia menurut UNESCO, karena disini adalah habitat penyu hijau terbesar. Penyu hijau adalah speaies penyu yang dilindungi. Kata penduduk pulau, kalau malam,penyu penyu akan naik ke daratan untuk bertelur,bagi pengunjung yang ingin menyaksikan bisa menunggu di pantai atau menyiapkan batang pisang untuk umpan penyu supaya naik ke daratan.

image

Ini ikan badut yang kaya di film finding nemo
image
Ini baby hiu..hehe

Sebenarnya di sekeliling derawan masih ada beberapa pulau indah lainnya, pulau maratua,kakaban dan sangalaki. Kalau ingin mengunjungi pulau ini,kita harus merogoh kocek 2,5 juta untuk menyewa sepit dengan muatan 10 orang. Di 3 pulau ini, selain pemandangan yang indah,ada lagi gua batu yg catik,ubur ubur yang tidak menyengat dll.
image

image

image

image

image

image

Salah satu yang ga boleh dilewatkan disini adalah menikmati keindahan bawah laut derawan, yup dengan snorkling. cukup menyewa peralatan snorkling dan pelampung seharga 55 rb kita sudah bisa menikmati indahnya karang dan ikan yang cantik dibawah sana. Dan ini adalah kali pertama saya snorkling,takut deg2an, tapi alhamdulillah…subhanallah maha suci ALLAH, indahnya di bawah air sana. untuk mengabadikan foto di bawah air,kita bisa menyewa kamera underwater seharga 300rb yang disewakan di warung2 sekitar pulau.

image

Kalau mau naik banana boat juga bisa, harganya 200rb,bisa dinaiki 6-7 orang, kebetulan air laut sedang surut,dan kami diajak ke pulau pasir

image

image

Amazing,hehe…pasir putih dan air laut yang jernih…aaaaaaaa teriak sekencang kencangnya.

image

Ini juga wajib dicoba,ikan bakar khas derawan, jenis ikan putih. Dagignya enak, 1kg ikan dihargai 70rb, untuk berdua cukup 1/2 kg saja. Kenyang alhamdulillah.

image

Nah saatnya meninggalkan derawan menuju ke pelabuha tj. Batu, terimakasih aa atas liburan yang menyenangkan. Di atas sepit aa bilang ke saya “siap-siap next destination sayang” haha kalau diajak jalan, saya selalu siap. Terima kasih juga amah vivi dan amah pipit udah nemenin kita jadi teman perjalanan ke derawan,sekalian ngirit ongkos…hehe
Kalau ditotal kasar pengeluaran selma 2 hari 1 malam di derawan, sekitar 1 jt..nah bagi yang berencana keaana bisa disiapkan budget dengan kisaran segitu. Kalau dari daerah lain, ditambahkan akomodasi dari tempat asal ke berau nya ya. Misalnya dari jkt-berau tiket pesawat harganya lebih kurang 1,5 jt.

image

Kebetulan ketika sampai di pelabuhan tj.batu lagi ada latihan olahraga perahu layar gitu. Nah kita foto dulu ya..hehe

Kata aa,ada lagi tempat wisata yang bagus,namanya labuhan cermin,6 jam dari kota tanjung redeb. Dan suami saya yang baik ini menjanjikan untuk kesana libur berikutnya,mari kita tagih janjinya…hehe